TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Sejarah Singkat Facebook

 MlatenMania.com - Facebook merupakan salah satu media sosial terpopuler di dunia. Sebagai media sosial, Facebook adalah media siber yang merupakan klasifikasi dari media baru sedang berkembang dalam studi Ilmu Komunikasi saat ini.

Media Sosial

Media sosial merupakan sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah mengaksesnya. Menurut Utari dalam Nurudin media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi. Berpartisipasi dalam arti seseorang akan dengan mudah berbagi informasi, menciptakan konten atau isi yang ingin disampaikan kepada orang lain, memberi komentar terhadap masukan yang diterimanya dan seterusnya. Semua dapat dilakukan dengan cepat dan tak terbatas. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Perkembangan media sosial yang pesat disebabkan karena hampir semua orang dapat memiliki media sosial sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti tv, radio atau koran dibutuhkan modal atau dana yang lumayan besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial. Pengguna media sosial dapat menggunakan internet tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa pembantu atau karyawan.

Perkembangan Media Sosial

Sejarah terbentuknya media sosial terjadi pada tahun 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan menggunakan surat elektronik yang koneksi internet-nya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Sues yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial media pertama kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA (Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.

Tahun 1995 muncul dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website-website lain.

Tahun 1997 muncul jenis situs jejaring sosial pertama yaitu sixdegress.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial. Namun sixdegree.com dianggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial dibanding Classmates.com.

Tahun 1999 muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu blogger. Situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. Sehingga pengguna dari blogger ini dapat memuat hal tentang apapun. Termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. Sehingga bisa dikatakan blogger ini tonggak berkembangnya sebuah media sosial.

Tahun 2002 berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.

Tahun 2003 berdirinya Linkedln, tak hanya berguna untul bersosial, Linkedln juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah media sosial makin berkembang.

Tahun 2003 berdirinya myspace, mypsace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya, sehingga myspace dikatakan situs jejaring sosial yang use friendly.

Tahun 2004 munculnya facebook, situs jejaring sosial ini yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu jenis jejaring sosial yang memiliki pengguna terbanyak.

Ringkasan Sejarah Facebook

Facebook pertama kali diperkenalkan kepada publik oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri bersama beberapa rekan sebagai pendiri bersama di antaranya Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin90 pada tanggal 4 Februari 200491 berupa sebuah situs dengan nama awal TheFacebook92. Dalam perjalanan awal, Facebook hanya dapat diakses terbatas oleh anggota asrama dari mahasiswa Harvard University lalu pada 1 Maret 2004 Facebook memperluas jangkauan akses dari Harvard ke Stanford, Columbia dan Yale.

Sejarah Singkat Facebook
Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Pada 1 Juni 2004, Mark bersama rekan memindahkan kantor Facebook dari Harvard ke Palo Alto, California. Dalam kurun waktu tiga bulan setelahnya, Facebook (TheFacebook) melakukan perubahan tampilan dengan meluncurkan Facebook Wall (Dinding Facebook) yang berfungsi untuk meletakkan pesan kepada teman-teman mereka. Belum genap setahun sejak diluncurkan pertama kali, Facebook telah memiliki satu juta pengguna aktif pada 1 Desember 2004.

Pada 1 Mei 2005, tercatat Facebook telah tumbuh pesat dengan mendukung akses kepada lebih dari 800 jaringan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Kanada. Setelah perguruan tinggi, Facebook menyasar perluasan dengan menambahkan jaringan sekolah menengah atas. Pada 20 September 2005, Facebook melakukan pergantian nama dari nama awal thefacebook.com menjadi facebook.com (Facebook).

Sejak didirikan pada 2004 hingga 2017, Facebook telah sangat banyak mengalami perubahan baik dari segi struktur perusahaan maupun segi teknologi yang mana perkembangan itu dapat dilihat di situs resmi Facebook Newsroom dengan alamat https://newsroom.fb.com/company-info/.

Facebook dibangun oleh budaya peretas komputer yakni sebuah lingkungan yang memberikan penghargaan kepada anggota yang kreatif dalam penyelesaian masalah dan cepat dalam mengambil keputusan. Kami mendorong anggota untuk menjadi berani. Budaya terbuka kami menjaga setiap informasi dan mengizinkan anggota untuk bergerak leluasa dan untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi perhatian mereka. Kami bekerja dalam tim yang kecil dan bergerak cepat untuk mengembangakan produk baru, secara konsisten dan penuh peningkatan. Sebuah ungkapan “perjalanan ini baru 1% selesai” terpampang di dinding kami, mengingatkan kami bahwa kami baru saja memulai untuk mewujudkan misi kami yaitu membawa dunia lebih dekat bersama.

Facebook Lite

Diperkenalkan pada 4 Juni 2015, Facebook Lite adalah sebuah versi dari Facebook untuk Android yang menggunakan data lebih sedikit dan dapat berjalan baik dalam berbagai kondisi jaringan. Lebih dari satu juta orang di seluruh dunia mengakses Facebook dari lingkup perangkat telepon bermacam-macam jaringan. Di banyak wilayah, jaringan dapat berjalan lambat dan tidak dapat mendukung semua fungsi yang ada pada Facebook untuk Android. Facebook Lite telah dibuat untuk situasi di atas, memberikan orang-orang pengalaman Facebook yang diandalkan ketika kecepatan data pada kondisi minimum. Facebook Lite memiliki kurang dari 1MB sehingga cepat untuk dipasang dan cepat untuk dibuka. Facebook Lite terdiri dari pengalaman inti Facebook seperti pembaharuan berita, publikasi status, foto, pemberitahuan dan lainnya.

Demikian artikel mengenai Sejarah Singkat Facebook, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.