TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Nanas Beserta Kandungannya

 MlatenMania.com - Nanas atau Ananas comosus L. merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari Amerika Selatan yang ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1493 di pulau Caribean. Akhir abad ke-16 Portugis dan Spanyol memperkenalkan nanas ke benua Asia, Afrika, dan Pasifik Selatan, sehingga pada abad ke-18, buah ini dibudidayakan di Hawaii, Thailand, Filipina, China, Brasil, dan Meksiko.

Nanas Beserta Kandungannya

Buah nanas di Indonesia dibawa oleh bangsa Spanyol pada abad ke-15. Kondisi lahan dan iklim Indonesia yang memungkinkan dalam pertumbuhan nanas, menyebabkan nanas banyak dibudidayakan baik sebagai tanaman pekarangan maupun budidaya perkebunan dalam skala yang besar.

Klasifikasi Dan Taksonomi Buah Nanas

Klasifikasi

Kindgom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Angiospermae

Ordo : Farinosae

Famili : Bromiliaceae

Genus : Ananas

Spesies : Ananas comosus L.

Taksonomi Buah Nanas

Tanaman nanas merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh hingga 50 -150 cm, mempunyai batang pendek yang tertutup oleh daun-daun dan akarnya. Batang mempunyai panjang 20 – 30 cm dengan bagian bawah berkisar antara 2-3,5 cm dan atas sebesar 5,5-6,5 cm. Bentuk batang beruas-ruas pendek dengan panjang ruas antar 1-10 mm.

Daun nanas berbentuk pedang dengan panjang sekitar ± 100 cm dan lebar 2-8 cm, ujung daun berbentuk lancip dan tepi daun memiliki duri dan berwarna hijau atau hijau kemerahan. Daun nanas berkumpul dalam roset akar, dimana bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Pada mulanya daun nanas akan tumbuh melambat setelah beberapa lama dan menjadi cepat seiring dengan pertambahan umur tanaman.

Nanas mempunyai bunga yang merupakan rangkaian bunga majemuk yang terletak pada ujung batang. Kuntum bunga nanas sebanyak 5 – 10, yang akan tumbuh sekitar 10 – 20 hari setelah tanam. Waktu dari tanam hingga berbentuk bunga sekitar 6 – 16 bulan.

Buah nanas merupakan buah majemuk yang meruakan gabungan dari 100 – 200 bunga yang berbentuk bulat panjang. Putik bunga akan berubah menjadi mata buah nanas. Buahnya mempunyai rasa yang asam hingga manis, berbentuk bulat panjang, berdaging, berwarna hijau, dan akan berwarna kuning jika masak. Ciri-ciri buah yang siap dipanen adalah mahkota buah terbuka, tangkai buah mengkerut, mata buah lebih mendatar, besar dan bentuknya bulat, bagian pada dasar buah berwarna kuning, dan timbul aroma nanas yang harum dan khas.

Kandungan Kimia Tumbuhan Nanas

Nanas mempunyai kandungan nitrogen, enzim bromelin dan asam amino yang tinggi yang berfungsi dalam menurunkan pertumbuhan bakteri dalam mulut dan pembentukan plak. Selain itu nanas juga mempunyai kandungan klor, iodium dan fenol yang berfungsi sebagai antiseptik. Klor akan bereaksi dengan air membentuk hipoklorit yang bersifat bactericidal, iodin merupakan zat bactericidal terkuat dalam membunuh hampir semua bakteri patogen dengan cara menggumpalkanprotein, dan fenol yang akan mendenaturasi protein sel bakteri sehingga bakteri akan mati. Daun nanas bersifat sebagai anti radang, pencahar, menormalkan siklus haid, sedangkan pucuk nanas digunakan sebagai obat kencing batu dan fungsi lain nanas seperti menggangu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan vitamin pada nanas, yaitu:

Nanas Beserta Kandungannya
Kandungan Kimia Pada Nanas

Komposisi kimia daging buah nanas masak, yaitu:

Nanas Beserta Kandungannya
Kandungan Kimia Daging Buah Nanas

Dalam penelitian ini, buah nanas akan difermentasi untuk mendapatkan Bakteri Asam Laktat (BAL). kandungan gula yang terlalu tinggi (>18%) akan menghambat proses fermentasi, kandungan gula yang terbaik untuk proses fermentasi adalah 12 – 18%.

Jenis Nanas

Berdasarkan habitat tanaman, terutama bentuk daun dan buah, nanas digolongkan menjadi 4, yaitu:

  1. Cayenne, merupakan nanas yang mempunyai daun yang halus, berduri dan tidak berduri, buah berbentuk slindris dengan ukuran yang besar, berwarna hijau kekuningan dengan rasa sedikit asam.
  2. Queen, nanas dengan daun yang pendek, berduri tajam, buah berbentuk lonjong, berwarna kuning kemerahan dengan rasa yang manis
  3. Spanyol, nanas yang mempunyai daun yang panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata yang datar. 
  4. Abacaxi, merupakan nanas dengan daun panjang berduri kasar dan buah berbentuk silindris.

Di Indonesia, varietas nanas yang banyak ditanama adalah Cayenne yang biasa merupakan nanas yang umum dan Queen dengan contoh seperti nanas madu.

Demikian artikel mengenai Nanas Beserta Kandungannya, mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.