TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Gambaran Umum Perusahaan Samsung Electronics

 MlatenMania.com - Samsung adalah salah satu perusahaan perangkat elektronik terbesar di dunia yang berpusat di Seocho Samsung Town, Seoul Korea Selatan. Samsung menjadi perusahaan terbesar di Korea Selatan dan menjadi ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Nama Samsung itu sendiri diambil dari sebuah kata dalam bahasa Korea yang memiliki arti tiga bintang. Filosofi yang terkandung didalamnya adalah jenis usaha yang meliputi elektronik, teknologi informasi dan pengembangan.

Pada tanggal 1 Maret 1938, Byung-chull Lee memulai bisnis di Taegu, Korea Selatan dengan modal 30.000 won atau setara sekitar 352.109 Rupiah. Pada awal berdirinya Samsung, Byung-chull Lee melakukan bisnis kecil-kecilan di bidang ekspor barang dagangan seperti menjual ikan, sayur-sayuran, dan buahbuahan kering dari Korea ke Manchuria dan Beijing. Hanya dalam waktu sekitar 10 tahun, samsung berkembang hingga memiliki pabrik tepung dan gula serta mesin dan oprasional penjualannya sendiri.

Lee saat itu mendirikan Samsung Sangheo, perusahaan perdagangan kecil dengan 40 karyawan yang berlokasi di Su-dong. Pada tahun 1947, samsung mengalami kemajuan yang cukup signifikan dan Lee akhirnya memindahkan kantornya di Seoul. Sampai pada tahun 1960-an, Samsung Group semakin melejit dan menjadi industri elektronik. Kala itu Lee langsung membentuk divisi elektronik, seperti Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mechanics Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor dan Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon.

Pada tahun 1970, Samsung memproduksi TV Hitam-Putih yang dimulai oleh Samsung-Sanyo. Samsung mengalami diversifikasi dan dikembangkan secara global pada tahun 1970-an akhir dan awal 1980. Samsung semakin fokus dalam bidang teknologi sehingga mulai mendirikan dua institut Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan yang guna membantu memperluas jangkauannya pada elektronik, semi-konduktor, chemical high polymer, genetic enginering, telekomunikasi optik, aerospace dan teknologi baru yaitu nano teknologi untuk mengembangkan arsitektur jaringan.

Sejarah Perusahaan Samsung Electronics

Samsung Electronics didirikan pada tahun 1969 dengan nama Samsung Electric Industries. Pada tahun 1988 berganti menjadi Samsung Electronics. Samsung Electric Industries pada mulanya memproduksi peralatan elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Kini bisnis Samsung Electronics telah merambah ke berbagai bisnis yang dikelompokkan dalam jenis bisnis semikonduktor, penampil digital, perangkat elektronik, perangkat bergerak, perangkat komputer, dan perangkat rumah tangga.

Sejarah Samsung Smartphone

Kesuksesan Samsung di dunia smartphone berawal pada April 2009 dimana saat itu Samsung meluncurkan ponsel Android pertamanya, yaitu Samsung i7500. Ponsel menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3,2 inci, Operating System (OS) yang digunakan pada ponsel ini adalah OS Android Cupcake.

Samsung sebenarnya memiliki sistem operasi sendiri yang disebut OS Bada, diambil dari bahasa Korea yang bermakna lautan. Ponsel dengan OS Bada dari Samsung ini mampu terjual sebanyak 1 juta unit dalam 4 minggu pertamanya. Seiring dengan waktu, perkembangan penjualan OS Bada menurun, sehingga Samsung berfokus mengembangkan penjualan ponsel dengan OS Android yang kini dikenal dengan sebutan smartphone.

Keberhasilan Samsung dalam platform Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Smartphone jenis ini diluncurkan oleh Samsung pada Maret 2010 dan tercatat hingga Januari 2011, total penjualan Samsung Galaxy S mencapai 10 juta unit. Kini penjualan Samsung merambah ke berbagai jenis Samsung Galaxy, seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy Grand, Samsung Galaxy Mega dan lain-lain.

Samsung mampu menempati posisi pemimpin teknologi yang diakui di industri teknologi digital dunia. Samsung merupakan pemasar terbesar smartphone berbasis Android. Smartphone Samsung memiliki track record penjualan tertinggi karena menjual berbagai jenis smartphone dalam berbagai macam spesifikasi dan harga.

Perkembangan Samsung Electronics Di Indonesia

Pada tahun 1991, Samsung Group dan PT. Metro data melakukan kerjasama dengan mendirikan pabrik elektronik dikawasan jababeka, Cikarang, Bekasi, dengan nama PT. Samsung Metrodata Electronics. Tonggak sejarah baru bagi bisnis elektronik di Indonesia, sekaligus meramaikan industri elektronik di Indonesia. Pada tahun 1993, Chairman Samsung Group, Lee Kim Hee memperkenalkan identitas (CIP) dan lembaga perusahaan yang baru. Pada tahun 1994, pembangunan pabrik color TV, fasilitas olahraga dan kesejahteraan serta Tape Recorder yang ke 1 Miliar (audio).

Pada tahun 1997 perusahaan Samsung mengganti nama menjadi PT. Samsung Electronics Indonesia dan pada tahun 1998 mengangkat Mr. Shin Man Young menjadi Presiden Direktur PT. Samsung Electronics yang baru. Tahun 2000 perusahaan Samsung mengangkat Mr. Oh Suck Ha menjadi Presiden Direktur PT. Samsung Elektronik Indonesia menggantikan Mr. Shin Man Young dan pada tahun 2001 Samsung mengoprasikan kembali pabrik televisi Samsung di kawasan industri Cikarang, Bekasi.pada tahun 2003 Samsung memproduksi DVD-Player, DVD-combo, Handphone, color monitor dan projection TV. Dan pada tahun 2003 perusahaan Samsung mendapatkan penghargaan Primaniyata 2003 untuk kategori ekspor besar. 

(Sumber : samsung.com/aboutsamsung/samsungelectronicsindonesia).

Namun berkat industri elektronik Samsung akhirnya bisa berhasil untuk terus tumbuh hingga sekarang. Samsung saat ini dikenal sebagai produsen handphone Android terbesar di dunia. Awal kesuksesan Samsung di dunia smartphone dimulai pada 27 April 2009. Saat itu, samsung meluncurkan handphone Android pertamanya Samsung i7500.

Selanjutnya keberhasilan Samsung dalam platform Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy Series S yang diluncurkan pada Maret 2010. Dan selanjutnya Desember 2013 perusahaan Samsung juga sudah meliris smartphone Samsung Galaxy Series J. Samsung Galaxy Series J adalah sebuah smartphone yang dikembangkan dan diproduksi oleh Samsung yang bekerja pada Android platform telepon ini awalnya dikembangkan untuk operator seluler Jepang NTT DoCoMo pada musim gugur tahun 2013, dan versi luar negeri yang awalnya dirilis di Taiwan pada Desember tahun 2013. Perangkat fitur Qualcomm Snapdragon 800 prosesor 2.3 GHz quad-core dengan 3GB RAM dan penuh Super AMOLED layar HD.

Visi Dan Misi Perusahaan Samsung Electronics

1. Visi Perusahaan Samsung Electronics

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Prinsip dasar menetapkan visi Samsung untuk masa depan Samsung Electronics adalah "Mengilhami dunia, menciptakan masa depan dengan produk dan design inovatif, dan berperan terhadap masa depan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan‖". Visi ini merupakan inti dari komitmen Samsung untuk memimpin inovasi teknologi saat ini, Samsung akan menemukan solusi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan.

Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital dan agar masyarakat dapat menemukan peluang baru. Karena menyadari tanggung jawab kami sebagai pemimpin kreatif masyarakat dunia, Samsung juga mengabdikan upaya dan sumber daya kami untuk menawarkan nilai-nilai baru kepada industri dan pelanggan sekaligus memenuhi nilai-nilai dari karyawan dan mitra kami. Di Samsung, kami ingin menciptakan masa depan yang menarik dna menjanjikan bagi kita semua. Samsung Electronics akan terus mengembangkan kapasitas baru dan pengalaman atas dasar prestasinya saat ini untuk meningkatkan daya saing dan riwayat inovasinya.

2. Misi Perusahaan Samsung Electronics

Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Misi dari Perusahaan Samsung adalah "Menjadi-digital-εCompany" yang terbaik. Digital artinya untuk menciptakan produk layanan teknologi yang memimpin industri. Ε artinya menempatkan management dan proses produksi yang palin efisien. Company artinya mempertahankan fokus yang mantap untuk memperkuat organisasi kami, demi terus menjadi pemimpin teknologi global dan perusahaan terpercaya bertanggung jawab.

Samsung tumbuh menjadi perusahaan global dengan menghadapi tantangan secara langsung. dalam tahun-tahun kedepan, orang-orang kami yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar. Kecerdasan mereka akan terus menjadikan Samsung sebagai perusahaan global yang menguntungkan dan bertanggung jawab. Tujuan Samsung adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

Filsafat Dan Sasaran Samsung Electronics

Produk Samsung mengikuti filsafat bisnis sederhana, mengabdikan bakat dan teknologinya guna menciptakan berbagai produk dan jasa terbaik yang berperan dalam mewujudkan masyarakat dunia yang lebih baik. Untuk mencapai ini, samsung memberi nilai yang tinggi pada karyawan dan teknologi.

Logo Perusahaan Samsung Electronics

Logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya. Logo berfungsi sebagai identitas perusahaan, logo menjadi salah satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah di identifikasikan dan di ingat oleh masyarakat. Pada gambar logo Samsung yang baru menampilkan latar belakang biru dalam bentuk oval yang diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x, sehingga menghasilkan rasa ketegangan dinamis. Logo terkini dari Samsung dengan bentuk elips warna biru sedikit miring dan teks berwarna putih di tengahnya- baru ditetapkan sebagai logo perusahaan pada 1993, di bawah inisiatif manajemen baru Lee Kun-hee. 

Gambaran Umum Perusahaan Samsung Electronics
Logo Samsung

Samsung dalam bahasa Korea berarti "bintang tiga". Nama ini dipilih oleh pendiri Samsung, Lee Byung Chull dengan harapan Samsung pada suatu hari bisa tumbuh kuat dan menjadi abadi layaknya bintang dilangit. Angka tiga adalah sebuah simbol dalam bahasa Korea, yang merepresentasukan sesuatu yang besar dan kuat. Harapan dan makna di balik brand Samsung pun kini terbukti dengan keberhasilan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di industri smartphone. Logo diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x, untuk menciptkan rasa yang dinamis.

Keterangan Mengenai Logo Samsung:

1. Penggunaan warna biru pada gambar logo Samsung mencirikan:

Keunggulan, kehandalan dan komitmen dalam pelayanan.

2. Penggunaan warna putih pada gambar logo Samsung mencirikan:

Kemurnian, keanggunan dan pesona.

3. Font Pada Gambar Logo Samsung:

Font yang digunakan pada gambar logo Samsung merupakan custom font yang dibuat khusus sebagai identitas utama perusahaan, yang memiliki kekuatan dalam branding sehingga mudah diingat walaupun dalam bentuk siluet sekalipun.

Demikian artikel mengenai Gambaran Umum Perusahaan Samsung Electronics, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.