TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Apel

 MlatenMania.com - Buah apel merupakan tanaman buah pomaceous dari family Rosacease dan spesies Malus domestica. Buah ini tumbuh dan berkembang baik pada daerah sub tropis seperti Amerika, Rusia, Belanda, dan Italia Walaupun Indonesia bukan daerah sub tropis, namun Indonesia juga telah mengembangkan tanaman apel di beberapa wilayah yang memiliki ketinggian tempat > 900 dpl. Salah satu wilayah pengembangan tanaman apel di Indonesia adalah di daerah Jawa Timur (wilayah Malang dan Batu). Malang dan Batu memiliki daerah pegunungan dan ketinggian yang baik untuk budidaya tanaman apel.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Apel

Definisi Buah Apel

Apel (Malus domestica) merupakan tanaman buah tahunan berasal dari Asia Barat yang beriklim sub tropis. Apel dapat tumbuh di Indonesia setelah tanaman apel ini beradaptasi dengan iklim di Indonesia, yaitu iklim tropis. Penanaman apel di Indonesia dimulai sejak tahun 1934 dan berkembang pesat pada tahun 1960 hingga sekarang. Apel di Indonesia dapat tumbuh dan berbuah baik di dataran tinggi, khususnya di Malang (Batu dan Poncokusumo) dan pasuruan (Nongkojajar), jawa timur. Tumbuhan apel dikategorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya.

Klasifikasi Buah Apel

Regnum : plantae (tumbuhan)

Divisi : magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas : magnoliopsida (tumbuhan dikotil)

Ordo : rosales

Famili :rosaceace

Bangsa :maleae

Genus :malus

Spesies :malus domestica

Buah apel mempunyai bentuk bulat sampai lonjong bagian pujuk buah berlekuk dangkal, kulit agak kasar dan tebal, pori-pori buah kasar dan renggang tetapi setelah tua menjadi halus dan mengkilap. Warna buah hijau, hijau kemerah-merahan, hijau kekuning-kuningan, hinjau berbintik-bintik, merah tua dan sebagiinya sesuai dengan variatesnya. Bijinya ada yang berbentuk panjang dengan ujung meruncing, ada yang berujung bulat dan tumpul, ada pula yang bentuknya antara pertama dan kedua.

Buah ini merupakan buah yang tahan lama dari pada buah-buah lainnya (umur petik 114 hari umur dan umur pemasaran/penyimpanan 21-28 hari). Buah apel yang telah disimpan memiliki rasa yang lebih enak, dari pada saat dipetik dari kebun tetap mengalami pernafasan dan penguapan, maka apabila dibiarkan buah akan masak, lewat masak dan busuk, proses ini disebut respirasi.

Kandungan Gizi Buah Apel

Sebagai buah yang sehat, apel kaya akan kandungan gizi, namun yang paling dominan adalah vitaminnya. Ada banyak vitamin yang terdapat di buah apel, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Sedangkan mineral yang dikandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Serat juga dimiliki oleh buah apel ini, sehingga apel baik untuk orang yang sedang diet. Serat bisa mencegah lapar yang datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolestrol jahat didalam tubuh yang selanjutnya akan dibuang.

Selain itu buah apel juga memiliki kandungan lain seperti Tanin yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, Baron yang berfungsi mempertahankan jumlah hormon estrogen dalam tubuh seorang wanita, Flavoid yang berfungsi menurunkan risiko kanker, Asam D-glucaric yang dapat menurunkan kadar kolestrol, Asam tartart yang dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membunuh bakteri yang jahat ada dalam saluran pencernaan.

Tabel Kandungan Buah Apel

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Apel

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Apel telah digunakan selama berabad-abad untuk kesehatan dan kecantikan. Dari penjelasan tentang kandungan gizi buah apel diatas sebenarnya sudah dapat terlihat manfaat buah apel bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat buah apel bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Meningkatkan daya penglihatan
  3. Mencegah penyakit mulut
  4. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
  5. Membantu menguragi berat badan
  6. Menurunkan kadar kolestrol
  7. Membantu proses pencernaan
  8. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker
  9. Mencegah batu empedu

Demikian artikel mengenai Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Apel, mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.