TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Memainkan Game Ding-Dong Di PC

 MlatenMania.com - Jauh sebelum adanya konsol game seperti yang ada di era saat ini, orangorang mengenal mesin konsol arkade atau yang lebih popular disebut sebagai ding-dong, Konsol merupakan suatu game arkade cabinet, seperti pac man dan centipede. Di masa-masa awal, perangkat game tersebut mahal dan kustom untuk setiap permainan yang disajikan. Pengembang game bekerja secara handmade dengan pembuat perangkat dan kemudian konsol tersebut memiliki ukuran yang sangat besar seperti furniture dengan game yang biasa disebut game cabinet

Memainkan Game Ding-Dong Di PC

Pada awalnya konsol arkade diciptakan oleh perusahaan ATARI pada tahun 1972 yang memperkenalkan permainan simulasi olahraga ping-pong yang mereka beri nama konsol arkade tersebut Pong, dan mesin tersebut ditempatkan pertama kalinya di kedai Andy Capp berlokasi di Sunnyvale, California, AS.

Di Indonesia permainan arkade popular dan banyak di minati pada tahun 90an. Sama juga dengan kepopulerannya seperti di negara lain. Mereka para pemain begitu mengenang masa-masa permainan arkade merajai dikota kota besar di Indonesia.

Pada era saat ini permainan arkade sudah tidak semarak dahulu bisa juga terbilang langka. Perkembangan teknologi yang semakin maju mulai menggeser konsol arkade dengan konsol yang masa kini dengan fitur dan fungsi yang lebih canggih. Namun dengan mulainya berkembangnya teknologi dan dunia game konsol arkade justu menjadi incaran untuk para kolektor game dan pecinta game sebangai barang untuk mereka koleksi, karena menurut mereka konsol arkade sangat mengenang bagi mereka dan berpengaruh perkembangan dalam segi teknologi terutama dunia game.

Cara Memainkan Game Ding-Dong Di PC

Multiple Arcade Machine Emulator (MAME) adalah salah satu aplikasi perangkat lunak paling ikonik dalam dunia game dan emulasi. Diciptakan oleh Nicola Salmoria pada tahun 1997, MAME membawa pengalaman bermain game klasik arcade kembali ke kehidupan dengan sempurna. Dengan mengemulasikan berbagai sistem arcade kuno, Memungkinkan para pengguna untuk menikmati ribuan permainan legendaris yang sebelumnya hanya dapat diakses melalui mesin arcade fisik yang jarang dan mahal.

Miodrag Milanovic, pengembang game emulator ini menjelaskan bahwa perubahan lisensi ini untuk menarik makin banyak pengembang, mengijinkan pabrikan game memakai MAME untuk mengemulasikan game-game mereka, dan menjadikan perangkat lunak ini alat pembelajaran bagi orang-orang yang bekerja di ranah pengembangan perangkat lunak.

Diawal ’90-an game ini banyak dijumpai di tempat bermain anak-anak, Swalayan-swalayan hingga di teras gedung bioskop. Untuk memainkannya, cukup dengan memasukkan coin. Saking asiknya main ding dong.. gak terasa habis juga coin kita. Kini kita bisa bermain-main seperti dulu lagi, Hanya dengan emulator MAME+ROM game yang disukai, Ditambah joystick (agar lebih seru waktu memainkannya).

Sebelumnya, MAME memang sudah menggunakan lisensi free software, tapi masih bersifat non-copyleft karena melarang pendistribusian ulang program ini secara komersil. Sekarang, hampir seluruh proyek MAME sudah menggunakan GPLv2 ke atas, walaupun 90 persen berkas core-nya menggunakan lisensi 3-Clause BSD.

MAME merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan sebagai emulator dari video game yang pernah anda mainkan pada masa kecil anda seperti Super Mario, Metal Slug, Sonic, Street Fighter, dll.

Proyek yang mengemulasi lebih dari 5000 game yang dibuat pada abad 20. tetapi ada masalah dalam legalitas dari emulator, meski emulator ini gratis tetapi file ROM yang merupakan sumber video game kekayaan intelektual dan tidak dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau hak-hak lain yang tidak memiliki LSO, namun banyak pengembang ROM telah merilis video game ini dan mudah ditemukan di Internet.

Jadi, supaya kita bisa memainkan game-game yang dulu pernah kita mainkan menggunakan Ding-Dong di PC, kita harus menggunakan sebuah aplikasi/emulator yang bernama MAME. Berikut merupakan beberapa fitur yang ada pada emulator MAME:

1. Dukungan untuk Ribuan Permainan

Menyediakan dukungan untuk ribuan permainan arcade yang dirilis pada berbagai sistem arcade di seluruh dunia. Pengguna dapat menikmati beragam judul klasik, mulai dari Contra, Super Tank, Mario Bros, Space Invaders, Pac-Man, hingga Street Fighter II, dan banyak lagi.

2. Pengaturan Grafis dan Audio yang Fleksibel

Pengguna dapat mengatur berbagai opsi grafis dan audio untuk mengoptimalkan pengalaman bermain mereka. Emulator ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan resolusi grafis, menerapkan efek filter, dan mengatur berbagai pengaturan audio, sehingga memastikan pengalaman yang sesuai dengan preferensi individu.

3. Kode Sumber Terbuka

Multiple Arcade Machine Emulator adalah perangkat lunak dengan kode sumber terbuka (open-source). Ini berarti bahwa pengembang dan komunitas dapat berkontribusi pada pengembangan MAME, mengoptimalkan kinerja, dan menambahkan fitur baru.

4. Dukungan untuk Perangkat Keras dan Sistem Operasi yang Beragam

Multiple Arcade Machine Emulator kompatibel dengan berbagai perangkat keras, mulai dari PC dan konsol hingga perangkat seluler. Dukungan untuk sistem operasi yang beragam juga memastikan bahwa pengguna dapat menikmati MAME pada platform favorit mereka.

Link Download Emulator Game Ding-Dong Untuk Windows

Bagi Sobat Blogger yang ingin mencoba aplikasi/emulator MAME ini, bisa langsung untuk mengunduh/download melalui tombol download yang sudah Saya sediakan di akhir artikel ini. Mungkin hanya itu saja artikel mengenai Memainkan Game Ding-Dong Di PC, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terimakasih.

Emulator Ding-Dong
MAMEdev File Size Unknown
Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.