TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Sejarah Singkat Apple Inc.

 MlatenMania.com - Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat saat ini. Terlebih alat komunikasi sudah menjadi suatu hal yang biasa untuk dimiliki tiap orang. Dari handphone yang biasa dengan fungsinya untuk menelepon, berkembang menjadi telepon genggam dengan layar berwarna yang memiliki kamera dan speaker. Berkembang lagi hingga saat ini menjadi smartphone yang dapat melakukan banyak hal dengan teknologinya yang canggih. Selain itu, sekarang muncul tablet yang dapat digunakan berbagai macam aktivitas komunikasi dan memudahkan pekerjaan di depan layar komputer. Bahkan tablet lebih ringkas dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Sejarah Singkat Apple Inc.

Apple sebagai perusahaan yang meluncurkan smartphone pertama kali pada tahun 2007 dan mendapatkan posisi terdepan dalam menjualan smartphone. Apple menjadi produsen smartphone yang mendominasi dunia. Di Amerika, Apple mempunyai tempat khusus di pasar ponsel pintar tersebut. Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh NPD Group, hingga saat ini iPhone 4s berada di tempat pertama dalam hal penjualan di kwartal pertama 2012. Tempat kedua dan ketiga, diduduki berturut-turut oleh iPhone 4 dan iPhone 3GS.

Apple terus menginovasi produknya dengan spesifikasi yang berbeda dengan brand lain sehingga membuatnya unggul dibandingkan dengan brand lain yang berusaha mengikuti ide-ide kreatif Apple. Produk Apple termasuk produk dengan harga yang cukup tinggi, namun menurut pasardana.com penjualan Ipad 3 sepanjang kuartal pertama tahun ini, Apple Inc. telah menjual 11,8 juta iPad. Sementara itu, Apple mencatatkan angka penjualan iPhone sebesar 35 juta unit pada Q1 2012. Jumlah tersebut meningkat hingga 88% dibanding penjualan iPhone pada tahun lalu.

Seajarah Dan Perkembangan Perusahaan Apple Inc.

Dimulai pada tahun 1971, berlokasi di universitas Berkeley, California, dua anak muda bernama Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai membuat sebuah revolusi dalam dunia komputer. Menggunakan modal berupa komponen komputer sederhana, uang hasil menjual mobil orang tua Steve Jobs, dan hanya dengan menggunakan garasi rumah orang tua Steve Jobs pula, Steve Jobs dan Wozniak menciptakan sebuah mesin yang disebut dengan komputer personal. Usaha mereka terus berjalan hingga secara resmi pada tahun 1984, Apple Computer meluncurkan produk komputer Macintosh mereka untuk pertama kalinya. Komputer Macintosh ini merupakan asal muasal komputer yang digunakan hingga saat ini, karena menggunakan Graphic User Interface (GUI) yang dalam menjalankannya cukup tunjuk dan klik dengan menggunakan mouse (untuk pertama kali pula mouse dikenalkan).

Sejarah Singkat Apple Inc.
Steve Jobs & Steve Wozniak

Sebelum ditemukannya sistem operasi milik Macintosh tersebut, komputer hanya dijalankan dengan menggunakan sederetan bahasa komputer, yaitu sistem operasi yang dilakukan oleh Microsoft dengan kepala perusahaannya Bill Gates. Merasa tersaingi dengan penemuan dari Apple Company, Bill Gates bekerja sama dengan IBM, sebuah perusahaan besar yang saat itu pula mulai tersingkir oleh Apple Company. Kesulitan menemukan sistem operasi yang menggunakan mouse, Bill Gates mendatangi kantor Apple Computer dan meminta rancangan sistem operasi milik Macintosh. Bahkan secara terang-terangan Bill Gates menanyakan, bagaimana membuat sistem operasi yang dapat membuka program dengan satu atau dua kali klik pada mouse. Steve Jobs melakukan kesalahan fatal dengan meminjamkan rancangan Macintosh-nya kepada Bill Gates yang berakibat pada lahirnya sistem operasi bernama Windows 1.01 pada tahun 1985. Sistem tersebut juga menggunakan GUI dan mouse untuk menjalankannya. Namun karena terburu ingin menunjukkan kebolehan Windows kepada Apple Company, Bill Gates tidak sempurna dalam menyelesaikan sistem operasinya, yang berdampak pada beratnya jalan sistem operasi ini dan mudahnya sistem ini ditembus virus bahkan hingga kini. Untuk mencegah Apple Company mengambil tindakan hukum mengenai hak cipta, Bill Gates membeli hak cipta dari Apple dan berjanji akan membuatkan perangkat lunak Office seperti Word dan Excel. Mengetahui kerja sama tersebut, Steve Jobs keluar dari Apple Company. John Sculley, seorang yang di rekruit oleh Steve Jobs untuk menjadi Apple’s CEO melihat kerja sama tersebut sebagai sebuah peluang bisnis, namun dia juga menyadari bahwa bagi Steve Jobs, musuh terbesar Apple adalah IBM, termasuk jika bekerja sama dengan IBM, yaitu Microsoft.

Sifat Steve Jobs sendiri adalah idealis, yaitu bahwa dia adalah seniman dan selalu berdasar pada seni dalam setiap produk-produknya. Steve Jobs dalam masa awal mendirikan Apple Company juga tidak pernah menyukai orang-orang IBM, meskipun mereka besar dan sangat bisa membantu usaha Apple Company saat itu. Hanya karena mereka rapi layaknya orang-orang yang bekerja di kantor pemerintahan. Berangkat dari sifat tersebut, bersamaan dengan rasa tidak sukanya terhadap Bill Gates yang juga bagian dari IBM, untuk pertama kalinya dalam sebuah media cetak di tahun 1996, Apple Company mengeluarkan iklan I am Mac.

Dalam masa 10 tahun, terhitung semenjak perjanjian kontrak dengan Microsoft, IBM dan Microsoft telah berjalan jauh melampaui Apple. Produk sistem operasi Windows merajai sistem operasi di seluruh dunia. Produden komputer-komputer di seluruh dunia juga menggunakan sistem operasi Windows. Pada tahun 1997, Apple Company merasa kewalahan dengan kenyataan tersebut hingga akhirnya memutuskan Steve Jobs kembali ke Apple Company sebagai CEO. Steve Jobs kemudian segera melakukan perubahan diberbagai sudut Apple Company. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan Jonathan Ive, sebagai pakar visual dan desainer grafis untuk produk-produk Apple yang sudah direkruit sejak tahun 1992. Pada kenyataannya, pada masa-masa tersebut tidak banyak yang bisa dilakukan Apple Company dalam menghadapi pesaing raksasanya yaitu Microsoft, hingga akhirnya pada tahun 2001, Apple Company memperkenalkan penemuan revolusioner, yaitu alat pemutar musik yang disebut iPod. Penggunaan istilah “i” merujuk pada penamaan komputer iMac pada tahun 1998 yang berarti internet

Setelah nama Apple Company tenggelam, segera setelah peluncuran iPod tersebut, Apple Company kembali dikenal. Bisnis yang sempat terhambat, kembali berjalan. Masa itu dianggap sebagai masa kebangkitan Apple Company, karena semenjak itu pula, Apple kemudian banyak memperkenalkan produk revolusioner dalam barisan produk komputer personal. Mengikuti kesuksesan iPod, pada tahun 2002, Apple Company memperkenalkan iMac G4, yaitu komputer masa depan dengan tampilah minimalis dan serba putih. Dilanjutkan pada tahun 2003, Steve Jobs mengemukakan penemuan layar sentuh untuk produk tablet yang segera membuat semua produsen komputer dan barang elektronik berlomba membuat produk dengan teknologi yang sama. Namun produk yang dimaksud Steve Jobs pada tahun 2003 tersebut baru keluar pada tahun 2007, yaitu sebuah revolusi di dunia telepon seluler dengan produk yang diberi nama iPhone. Sebuah telepon seluler yang cara mengoperasikannya dengan menyentuh layar, tidak lagi menekan tombol-tombol.

Melalui beberapa penemuan revolusioner tersebut, Apple Company berhasil selamat dari masa keterpurukan perusahaan dan berbalik menjadi kembali menemukan jati diri Apple Computer, yaitu sebagai produsen komputer masa depan dengan selalu mengusung tema penampilan yang keren. Steve Jobs menyadari bahwa selalu ada yang dibutuhkan para pengguna komputer personal diluar kegunaannya sebagai sebagai komputer. Mereka membutuhkan teknologi yang baru, komponen yang canggih, dan tentu saja penampilan yang baik. Demikian hingga kini, Apple Computer masih berjalan dengan terus melakukan penemuan-penemuan maupun memperbarui produk hingga kini.

Visi Dan Misi Perusahaan

a. Visi

Apple percaya bahwa Apple berada di muka bumi untuk membuat produk hebat dan itu tidak berubah.

b. Misi

Apple menghadirkan pengalaman pengguna terbaik bagi pelanggannya melalui perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang inovatif.

Logo Perusahaan

Berikut ini merupakan gambar perkembangan logo perusahaan Apple Inc. dari tahun ke tahun:

Sejarah Singkat Apple Inc.

Logo pertama Apple tahun 1976 dibuat oleh Steve Jobs dan Ronald Wayne. Logo pertama ini menggambarkan seorang Isaac Newton yang sedang duduk dibawah pohon buah apel. Pada tahun 1977, logo baru perusahaan Apple muncul yang dibuat oleh Rob Janoff yang merupakan seorang Art Director disalah satu firma terdepan yaitu Regis McKenna. Logo ini memiliki arti untuk memperingati penemuan gaya gravitasi. Logo Apple ini dibuat dengan dasar kisah seorang nabi yaitu Nabi Adam dan Hawa, dimana Hawa menggigit buah terlarang yang dipetik dari pohon pengetahuan. Selain itu, logo apel yang digigit juga memiliki arti untuk membedakan antara buah ceri dan buah apel.

Demikian artikel mengenai Sejarah Singkat Apple Inc., mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.