TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Apa Itu Perangkat Lunak (Software)

 MlatenMania.com - Perangkat lunak mulai terbentuk pada saat tahun 1800-an oleh seeorang ilmuan bernama Charles Babbage. Perangkat lunak ini bahkan tercipta sebelum adanya komputer elektronik, namun pada saat itu perangkat lunak belum dikenalkan secara resmi pada masyarakat luas. Masyarakat luas mengenal sebuah teknologi perangkat lunak ini di tahun 1900-an, yaitu tepatnya pada tahun 1935 melalui sebuah essai yang berjudul “Computable numbers with an application to the Entscheidungsproblem (decision problem)”.

Mengenal Apa Itu Perangkat Lunak (Software)

Alan Turing merupakan sebuah ilmuwan matematika yang melakukan penelitian pada perangkat lunak dan merupakan seorang yang dikenal sebagai orang pertama yang mencetuskan kepada masyarakat luas tentang teori perangkat lunak. Teori Alan Turing ini mengarah keilmuan di bidang komputer dan rekayasa perangkat lunak. Alan Turing percaya bahwa komputer dapat menjalankan sebuah program yang dapat digunakan untuk membantu berbagai keperluan di masyarakat luas. Perkembangan perangkat lunak di masyarakat luas ini terbagi menjadi beberapa zaman atau era, yaitu sebagai berikut:

Mengenal Apa Itu Perangkat Lunak (Software)
Alan Turing


Sejarah Singkat Perkembangan Perangkat Lunak

  1. Era pemula, pada era ini perangkat lunak muncul atau ada dengan bentuk sambungan-sambungan kabel yang terhubung dengan bagian dalam dari sebuah komputer. Pada era ini perangkat lunak dan perangkat keras masih berada dalam suatu kesatuan yang berguna hanya untuk suatu tujuan tertentu atau tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Era stabil, pada era ini perangkat lunak telah dapat digunakan oleh bidang industri dan perusahaan. Hal ini dikarenakan perangkat lunak pada era ini telah dapat memisahkan data dengan program dengan menerapkan sistem basis data. 3. Era mikro, pada era ini perangkat lunak semakin berkembang dengan pesat dimana pada era ini perangkat lunak memiliki pembagian menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem digunakan untuk menangani bagian internal komputer sedangkan pada perangkat lunak aplikasi digunakan untuk pengguna secara langsung yang memiliki kebutuhan dan tujuan tertentu.
  3. Era modern, pada era ini perangkat lunak telah berkembang semakin canggih dan bahkan sangat canggih dimana pada era ini perangkat lunak sudah dapat mengenal masukan atau input yang berupa suara ataupun gambar. Pada era modern yang merupakan era perkembangan perangkat lunak yang terakhir hingga saat ini, perangkat lunak sudah memiliki distribusi yang berbayar ataupun distribusi yang tidak berbayar atau gratis.

Definisi Perangkat Lunak

Perangkat lunak merupakan sebuah kumpulan data elektronik yang dikendalikan oleh sebuah perangkat keras seperti perangkat komputer dan data tersebut dapat tersimpan. Data pada perangkat lunak merupakan data yang berbentuk elektronik yang meliputi atau terdiri dari sebuah intruksi atau sebuah program yang nantinya akan dijalankan serta menjalankan sebuah perintah yang dapat mengoperasikan perangkat keras. Perangkat lunak juga sering disebut dengan bagian sistem komputer yang dipasangkan dalam sebuah perangkat keras komputer ataupun laptop agar dapat dioperasikan.

Perangkat lunak memiliki beberapa fungsi yang digunakan untuk memudahkan dan membuat nyaman para pengguna ketika ingin menggunakan perangkat lunak, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyediakan sebuah fungsi dasar untuk perangkat keras agar perangkat keras tersebut dapat dioperasikan. 
  2. Sebagai penerjemah suatu perintah perangkat lunak yang lain ke dalam bahasa mesin atau bahasa perangkat sehingga perangkat keras akan komputer akan mengerti perintah yang sedang diberikan.
  3. Sebagai perangkat yang bertugas untuk memproses data, perintah serta instruksi khusus agar komputer dapat dioperasikan oleh pengguna sesuai dengan hasil yang diinginkan.
  4. Untuk mengidentifikasi suatu program yang ada di sebuah komputer.
  5. Sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat kerasnya.

Perangkat lunak juga terbagi menjadi beberapa jenis yang tentunya setiap jenisnya memiliki fungsional yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Free software, merupakan perangkat lunak yang mengharuskan pengguna untuk melakukan pembelian perangkat lunak ini, akan tetapi setelah melakukan pembelian perangkat lunak tersebut pengguna dapat dengan bebas untuk melakukan modifikasi terhadap perangkat lunak tersebut bahkan hingga melakukan distribusi.
  2. Shareware, merupakan perangkat lunak yang didapatkan oleh pengguna dengan gratis untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak ini biasanya untuk pengguna melakukan uji coba terhadap suatu perangkat lunak yang tentunya fitur-fitur yang dapat digunakan itu telah dibatasi dan biasanya memiliki waktu yang terbatas yaitu 15 atau 30 hari. Perangkat lunak ini memberikan kesempatan kepada pengguna agar dapat mencoba tersebut perangkat lunak tersebut sebelum membeli versi lengkapnya, contohnya software Sketch Up.
  3. Malware, merupakan sebuah perangkat lunak yang dikategorikan sebagai perangkat lunak perusak sehingga tidak disarankan untuk pengguna menggunakan perangkat lunak ini. Hal ini dikarenakan tujuan perangkat lunak ini adalah untuk melakukan penyusupan bahkan merusak suatu sistem jaringan dari komputer, contohnya adalah perangkat lunak pengintai (spyware) dan perangkat lunak untuk iklan tidak benar (adware).
  4. Freeware, merupakan perangkat lunak gratis yang dapat digunakan pengguna tanpa adanya batasan waktu. Perangkat lunak ini biasanya dibuat oleh suatu komunitas tertentu dan memiliki hak cipta yang tetap dijaga sehingga pengguna dapat melakukan update atau pembaruan terhadap perangkat lunak tersebut, contohnya Google Chrome dan Mozilla Firefox.
  5. Firmware, merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi memory read only yaitu perangka lunak yang hanya dapat dibaca oleh pengguna. Perangkat lunak ini telah memiliki paten sehingga pengguna tidak diperbolehkan bahkan tidak bisa untuk melakukan pengembangan dari perangkat lunak tersebut.
  6. Open source software, merupakan perangkat lunak yang bersifat terbuka sehingga programnya dapat dipelajari, dimodifikasi, dan disebarluaskan. Perangkat ini diperoleh secara gratis dan biasanya digunakan oleh suatu komunitas tertentu untuk dijadikan lisensi General Public Licence (GPL), contohnya adalah Linux
  7. Perangkat lunak berbayar, merupakan sebuah perangkat lunak yang mengharuskan pengguna untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu apabila pengguna ingin menggunaka sebuah perangkat lunak tersebut, contoh perangkat lunak berbayar yaitu Macromedia Flash Full Version dan Zope.

Jenis Perangkat Lunak

Pada perangkat lunak terdapat berbagai macam perangkat lunak, yaitu perangkat lunak sistem operasi, perangkat lunak aplikasi, perangkat lunak pemrograman, dan perangkat lunak tambahan atau program bantu (Utility). Setiap macam perangkat lunak ini tentunya memiliki fungsionalnya masing-masing. Contoh perangkat lunak yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Software browser, merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mencari suatu situs yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang tidak diketahui secara online.
  2. Software system, merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi komputer seperti Linux dan Windows.
  3. Software anti virus, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah masuknya virus-virus yang dapat merusak sistem pada komputer atau hardware, sehingga perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam mencegah virus yang dapat masuk pada saat melakukan penguduhan secara online ataupun melalui Universal Serial Bus (USB), contohnya Smadav dan Norton.
  4. Software paint, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah gambar atau suatu desain. Contohnya Adobe Photoshop, Coreldraw, dan lain-lain.

Demikian artikel mengenai Mengenal Apa Itu Perangkat Lunak (Software), mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.