TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Lebih Dekat Dengan Kecap

 MlatenMania.com - Kecap merupakan ekstrak dari hasil fermentasi kedelai yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti gula, garam, dan bumbu dengan tujuan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Pada dasarnya ada dua jenis kecap Cina dan Jepang. Kecap Cina berwarna lebih gelap dan mempunyai berat jenis, kekentalan, dan kandungan nitrogen yang lebih tinggi serta lebih manis karena adanya penambahan gula tebu. Sedangkan kecap Jepang memiliki kandungan asam amino terutama glutamate yang lebih tinggi. Kecap di Indonesia termasuk dalam jenis kecap Cina tetapi pemanisnya menggunakan gula palma. Secara umum kecap di Indonesia dikelompokkan menjadi kecap manis dan kecap asin. Kecap adalah produk olahan kedelai yang paling banyak dikonsumsi setelah tahu dan tempe. Kecap adalah salah satu hasil olahan yang dibuat dengan cara fermentasi kedelai dan merupakan bahan penyedap yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kecap dapat dibuat melalui 3 cara, yaitu fermentasi, hidrolisis asam, serta kombinasi fermentasi dan hidrolisis asam.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Kecap


Jenis-Jenis Kecap

Kecap adalah jenis makanan fermentasi yang paling banyak dikonsumsi diseluruh dunia. Kecap berwarna coklat atau hitam gelap yang mempunyai rasa asin atau manis dan digolongkan dalam makanan yang mempunyai flavor (aroma) yang menyerupai ekstrak daging. Kecap dapat memperkuat flavor dan memberikan warna pada daging, ikan, sayuran, atau bahan pangan lain. Kecap biasanya terbuat dari bahan kedelai hitam dengan rasa manis atau asin. Kata kecap diduga berasal dari China yaitu “Koechiap” yang artinya saus. Terdapat beberapa jenis kecap anatara lain kecap asin, kecap manis, kecap inggris, kecap jepang, dan kecap jamur.

1. Kecap Manis

Kecap manis identik dengan Indonesia hal ini dikarenakan kecap ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kecap manis merupakan hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam yang dicampur dengan aneka rempah lainnya. Tekstur kecap ini kental, berwarna hitam, dan rasanya manis. Kecap manis hampir sama dengan kecap asin. Namun kecap manis memiliki tekstur yang lebih kental dan terasa manis, biasanya harga kecap manis juga lebih mahal dari kecap asin. Kecap manis memiliki kandungan gula sekitar 26-61% dan kadungan garam sekitar 3-6%.

2. Kecap Asin

Kecap asin terbuat dari kedelai namun dicampur dengan garam yang lebih banyak. Warna kecap asin lebih terang dibanding kecap manis dan teksturnya pun lebih encer. Umumnya, kecap asin tidak terlalu banyak ditambahkan kedalam masakan karena rasa asin sudah didapat dari garam. Kecap asin memiliki kandungan gula sekitar 4-19% serta kandungan garam sekitar 18-21%. Untuk segi proses kecap asin sedikit berbeda dengan kecap manis, dimana pada proses akhir pembuatan tidak terlalu banyak ditambahkan gula.

3. Kecap Inggris

Kecap inggris memiliki tekstur yang encer dan berwarna gelap. Kecap inggris cocok dipakai untuk daging dan ikan bakar. Masakan yang ditambahkan kecap ini akan beraroma wangi dengan sensasi rasa sedikit asin. Kekayaan rasa kecap inggris dihasilkan dari perpaduan komposisi cuka, molase, gula jagung, cabai, kecap asin, lada, air, asam jawa, bawang bombay, bawang merah, cengkeh, dan anchovy.

4. Kecap Jamur

Kecap jamur merupakan sejenis kecap asin yang ditambahkan dengan ekstrak jamur yang banyak dipakai di Cina. Kecap ini memeiliki tekstur yang tak berbeda jauh dengan kecap biasanya yaitu lebih encer dari pada kecap manis dengan warna kecokelatan dan aroma jamur yang kuat. Kecap jamur dibuat dari jamur cincang, garam, kembang pala, bumbu ngohyong jahe, bawang putih, kayu manis, dan brown malt vinegar. Kecap jamur dibuat diawali dengan jamur dilumuri garam, lalu diamkan selama 24 jam dan jamur dicuci bersih lalu keringkan, kemudian direbus dengan semua bahan lainnya, lalu dikemas dalam botol yang sudah disteril.

5. Kecap Jepang

Kecap jepang biasa disebut dengan shoyu merupakan hasil fermentasi kedelai yang berbentuk cair dengan warna cokelat tua. Terdapat dua jenis kecap jepang, yaitu koikuchi yang berwarna pekat dan aroma kuat, serta usukuchi yang berwarna lebih cerah dan aroma lebih ringan. Rasa kecap jepang agak mirip dengan kecap asin perbedaan antara kecap lokal dan kecap jepang adalah kecap jepang memiliki rasa gurih kedelai yang jauh lebih kuat dari pada kecap lokal.

Manfaat Kecap

Kecap adalah salah satu jenis bumbu masakan yang banyak disukai biasanya digunakan untuk campuran masakan yang dapat memperkuat rasa masakan. Kecap juga bermanfaat sebagai pencegahan hypolipidemic dalam kehidupan kehidupan sehari-hari dan untuk pencegahan atau perbaikan sindrom metabolik dalam tubuh.

Komposisi Kecap

Dalam pembuatan kecap, komposisi utama yang dibutuhkan adalah kedelai hitam, gula, air, dan garam. Senyawa lain yang juga terkandung dalam kecap adalah bahan pengawet seperti asam benzoate dan asam sorbat, dan bahan pengental. Dalam proses pembuatan kecap juga dibantu oleh spora kapang jenis Aspergillus Rhyzopus dan mucor yang memiliki kemampuan melapukkan kedelai melalui proses fermentasi.

Demikian artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat Dengan Kecap, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.