TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Kandungan Jantung Pisang

 MlatenMania.com - Tanaman pisang dapat tumbuh pada iklim tropis basah, lembab dan panas. Taksonomi tanaman pisang antara lain yaitu kingdom Plantae, divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotylae, ordo Musales, famili Musaceae, genus Musa dan spesies Musa paradisiaca.

Kandungan Jantung Pisang


Jantung pisang merupakan bunga yang dihasilkan oleh pokok pisang yang berfungsi untuk menghasilkan buah pisang. Jantung Pisang dihasilkan semasa proses pisang berbunga dan menghasilkan tandan pisang sehingga lengkap. Hanya dalam keadaan tertentu atau spesis tertentu jumlah tandan dan jantung pisang melebihi tengah jantung 12 – 25 cm.

Struktur jantung pisang mempunyai banyak lapisan kulit, dari yang paling gelap cokelat-ungu kemerahan di bagian luar dan warna putih krim 8 susu di bagian dalam. Terdapat susunan jantung berbentuk jejari di antara kulit tersebut dan di tengahnya yang lembut. Jantung pisang mempunyai cairan berwarna jernih dan akan menjadi pudar warnanya apabila jantung pisang terkena udara dari luar lingkungan sekitarnya.

Jantung pisang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Padahal dapat dimanfaatkan sebagai pangan alternatif. Semua tanaman pisang dapat memproduksi jantung pisang, tetapi tidak semua jantung pisang dapat dikonsumsi. Jantung pisang yang dapat dikonsumsi adalah jantung pisang dari jenis pisang kepok, pisang batu, pisang siam dan pisang klutuk. Jantung pisang dari jenis pisang ambon tidak dapat dikonsumsi karena kandungan tanin yang tinggi sehingga terasa pahit.

Kandungan Gizi Jantung Pisang

Kandungan Jantung Pisang
Tabel Kandungan Gizi Jantung Pisang Kepok per 100 gram

Komponen penting yang terdapat dalam jantung pisang adalah serat pangan. Kandungan serat tidak larut pada jantung pisang adalah 49,83% (lignin, selulosa, dan hemiselulosa). Selain serat, jantung pisang juga memiliki antioksidan yang tinggi karena mengandung vitamin A dan vitamin C. Jantung pisang juga mengandung seyawa fenol, flavonoid, dan vitamin E yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain tinggi serat dan antioksidan, jantung pisang bermanfaat pula dalam pencegahan penyakit diabetes. Hal ini disebabkan jantung pisang memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan banyaknya manfaat jantung pisang bagi kesehatan tubuh, maka jantung pisang menjadi salah satu makanan yang layak untuk dikonsumsi.

Dilihat dari segi karakteristiknya jantung pisang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, dapat mencegah serangan stroke, jantung koroner, dan memperlancar siklus darah (bersifat antikoagulan). Jantung pisang mengandung saponin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker. Jantung pisang juga mengandung flavonoid yang berfungsi anti radikal bebas, anti kanker, dan anti penuaan, serta mengandung yodium untuk mencegah penyakit gondok.

Jantung pisang memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet dan menjaga berat badan. Selain itu, jantung pisang memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi dan berkhasiat untuk melancarkan pencernaan manusia.

Serat kasar yang terdapat pada jantung pisang segar adalah 20,31 ± 1,38 g/ 100 g, sedangkan serat kasar yang terdapat pada jantung pisang kering adalah 17,41 ± 1,42 g/ 100 g. 

Demikian artikel mengenai Kandungan Jantung Pisang, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.