TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Sejarah Singkat TikTok

 MlatenMania.com - Aplikasi tiktok merupakan aplikasi yang diperbolehkan para pemakainnya untuk membuat video pendek musik pendek mereka sendiri aplikasi tiktok ini diluncurkan pada bulan september 2016 yang dikembangkan oleh developer yang berasal dari tiongkok byte dance inc, byte dance inc memutusakan untuk mengembangkan bisnisnya keindonesia dengan meluncurkan aplikasi video music dan jejaring sosial yang bernama tiktok.pada tahun 2018 aplikasi tiktok ini paling banyak diunduh yakni 45,8 juta kali dalam kutipan Fatimah Kartini bohang pada tahun tersebut aplikasi tiktok ini mengalahkan aplikasi pupuler lainnya seperti youtobe, whatssap, facebook, messenger dan instagram mayoritas yang menggunakan aplikasi tiktok diindonesia ini adalah anak anak milenial zaman sekarang ini.

Sejarah Singkat TikTok

Sejarah Dan Perkembangan Aplikasi TikTok

Sejarah Singkat TikTok

TikTok merupakan sebuah platform media sosial yang diciptakan oleh ByteDance Inc, sebuah perusahaan teknologi asal China dan resmi diluncurkan pada bulan September 2016. Dahulu Tiktok bernama Douyin sebelum diubah menjadi TikTok. Aplikasi Douyin pada saat itu meraup keuntungan yang besar di China dengan jumlah pengguna sebanyak 100 juta pengguna dalam kurun waktu satu tahun. Karena hal tersebut, perusahaan ByteDance berpikir untuk mengenalkan aplikasi ini kepada seluruh dunia. Oleh karena nama Douyin kurang familiar dikalangan masyarakat luar China, sehingga digantilah menjadi TikTok yang mendunia. Sejalan dengan perkembangannya, TikTok telah mengakuisi satu aplikasi Musically pada akhir 2017.

TikTok mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2018, ketika ByteDance Inc menyadari bahwa generasi muda di Indonesia mempunyai rasa kreatifitas dan narsis yang sangat tinggi yang mirip dengan munculnya profesi baru seperti YouTuber, Instagrammer, Vlogger, dan Blogger. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat itu sempat menolak keberadaan TikTok, namun kemudian menjadi sangat populer di Indonesia dengan banyaknya video kreatif dan edukatif yang dibagikan di platform tersebut. TikTok menjadi kontroversial di Indonesia karena pengguna utamanya adalah anak-anak berusia 7-15 tahun pada saat itu. Meskipun demikian, TikTok menjadi sangat populer di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna TikTok kedua terbanyak di dunia sesudah Amerika Serikat. We Are Social and Hootsuite dalam laporannya menyebutkan per Januari 2023 pengguna aplikasi TikTok telah mencapai 1,5 Miliyar di seluruh dunia.

Fitur-Fitur TikTok

Untuk membantu menciptakan sebuah konten, TikTok menyediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya melalui berbagai macam fitur, yaitu:

a. Penambahan Music

Para pengguna tiktok diberikan fitur untuk dapat menambahkan berbagai jenis music kedapan video yang sedang dibuat.

b. Fiter pada video

Para pengguna dapat menggunakan filter pada video,filter ini digunakan untuk mengubah rina dan tone warna pada video sesuai dengan objek pada video agar dapat terlihat lebih bagus dan menarik.

c. Sticker dan efek

Sticker dan feel ini dapat digunakan agar video ang sedang kita buat menjadi kreatif dan unik.ada lima kategori efeek yaitu:efek visual,efek sticker,efek transisi,efek spilt,dan efek waktu.

d. Voice charger

Voice charger digunakan untuk mengubah suara dalam video yang sedang dibuat.

e. Beauty

Fitur ini dapat digunakan sebagai perubahan bentuk wajah,warna mata,dan memperhalus kulit wajah sehingga wajah pengguna Tiktok ini akan terlihat cantik dan tampan.

f. Auto captions

Fitur ini dapat digunakan sebagai penambahan subtitle pada video secara otomatis yang di transkipsi oleh tiktok.

g. Hapus komentar dan blokir pengguna secara massal.

Fitur hapus komentar ini merupakan fitur terbaru yang disediakan tiktok untuk menghindari tindakan bullying para pengguna tiktok bisa memilih dari 100 komentar untuk dihapus atau pengguna tiktok untuk diblokir.

h. Live streaming

Tik-tok juga memiliki fitur untuk live streaming seperti beberapa media sosial lainnya,tetapi hanya pengguna tiktok yang memiliki paling banyak 1000 pengikut yang dapat melakukan live streaming.

i. Tiktok shop

Tiktok shop merupakan fitur sosial commerce yang memungkinkan pengguna dan kreaktor untuk mempromosikan serta manjual produk melalului tiktok fitur ini tersedia untuk pengguna tiktok dengan akun bisnis.

Sejak bulan September 2021, fitur tiktok ini tersedia untuk pengguna bisnis di berbagai negara seperti amerika serikat, kanada, dan indonesia fitur belanja aplikasi tiktok ini hadir sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan sebagai produk setelah brand melakukan survey pengguna melalui plafrom media sosial tersebut.

Demikian artikel mengenai Sejarah Singkat TikTok, mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.