TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Pembahasan Singkat Mengenai Adobe Photoshop

 MlatenMania.com - Dalam prosesnya, pembuatan desain grafis bisa dikerjakan secara manual menggunakan tangan atau menggunakan komputer. Ada cukup banyak perangkat lunak pendukung desain grafis yang beredar luas di internet, baik berbayar ataupun yang sifatnya open source. Semua jenis perangkat lunak tersebut kemudian diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yakni perangkat lunak yang ditujukan untuk lay out, pengolahan bitmap, dan pengolahan vector.

Pembahasan Singkat Mengenai Adobe Photoshop


Adobe Photoshop

Perangkat lunak yang sering disebut Photoshop ini menjadi unggulan banyak para desainer grafis. Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak pengolah gambar bitmap yang awal mulanya hanya digunakan untuk mengolah atau mengedit foto. Namun, dengan banyak tambahan fitur dalam Photoshop, banyak yang kemudian menggunakan software ini untuk keperluan grafis seperti membuat banner, undangan, logo, dan sebagainya.

Meskipun Photoshop kerap digunakan para profesional, Photoshop jika dibandingkan dengan software desain grafis lainnya termasuk yang mudah dipelajari. Karena itulah, bagi yang baru belajar desain grafis, kamu juga bisa mulai belajar dengan software ini.

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan banyak tools yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengolah foto. Beberapa di antaranya yakni healing brush, magnetic tool, crop tool, dan sebagainya. Sama halnya dengan Canva, Photoshop juga memiliki fitur berbayar yang memungkinkanmu untuk mengakses semua fitur Photoshop serta semua pembaruan.

Seiring dengan perkembangan jaman, Photoshop pun kini juga bisa digunakan di perangkat mobile. Sejak beberapa tahun lalu, Adobe telah secara resmi merilis beberapa jenis aplikasi Photoshop untuk mobile, yakni Photoshop Mix, Photoshop Lightroom, Photoshop Express, dan Photoshop Sketch.

Sejarah Singkat Photoshop

Pembahasan Singkat Mengenai Adobe Photoshop
Thomas Knoll dan John Knoll

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

Perkembangan Photoshop

Sampai sekarang aplikasi atau perangkat lunak Adobe Photoshop menjadi aplikasi yang populer dengan kemampuannya untuk mempersunting atau mengedit gambar dan foto yang bertipekan gambar raster atau bitmap.

Berikut adalah perkembangan photoshop dari awal hingga sekarang:

1. Photoshop 1.0 

Program ini dirilis pertama kali tahun 1990, program yang berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) yang hanya bisa dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh. Setelah itu, Adobe Photoshop mulai mencatat sejarah hingga menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi.

2. Photoshop 2.0

Pada tahun berikutnya, tepatnya Juni 1991 muncul program versi terbaru yaitu Photoshop 2.0. Program ini hanya bisa dioperasikan di bawah platform Macintosh dan mulai digunakan codename, Codename untuk versi 2 ini yaitu Fast Eddy. Di versi ini, Photoshop sudah mulai menggunakan warna, bisa dilihat dari logo dan welcome splash-nya yang sudah berwarna, bukan hitam putih lagi. Sedangkan untuk support OS, lembar kerja, dan tools masih sama dngan versi sebelumnya.

3. Photoshop 2.5

Seiring dengan perkembangannya, Windows dinilai mulai mendominasi pasar komputer. Pada November 1992, untuk pertamakalinya Adobe Photoshop dirilis untuk untuk dua OS yaitu Macintosh dengan codename Merlin dan Windows dengan codename Brimstone. Perubahan pada versi 2.5 ini antara lain pada Welcome Splash dan About screen yang selalu berubah dan juga telah mendukung 6 bit channel support. Toolbar dan workspace-nya juga lebih rapi dari versi sebelumnya.

4. Photoshop 3.0

Pada September 1994 Photoshop versi 3.0 telah dirilis kembali dengan codename Tiger Mountain untuk Macintosh, sedangkan untuk Windows, IRIX dan SOLARIS dirilis pada November 1994. Perubahan yang paling menonjol pada versi ini adalah adanya pallet warna dan juga layer. Untuk icon, Werlcome Splash, Toolbar dan Workspace tidak jauh berbeda.

5. Photoshop 4.0

Setelah dua tahun dari September 1994-November 1996 Adobe baru kembali merilis Photoshop versi 4.0 yang diberi codename Big Electric Cat baik untuk Windows dan juga Mac. Photoshop versi 4.0 sudah tidak dirilis lagi untuk IRIX dan Solaris. Perbuahan yang menonjol pada photoshop versi ni yaitu, ada fitur Adjustment Layers dan Actions (macros). Dan ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool.

6. Photoshop 5.0

Photoshop 5.0 ini tidak jauh beda dengan 4.0 hanya fitur nya saja yang bertambah, berikut Fitur tambahan pada Photoshop 5.0 ini yaitu History Pallet, Color Management, dan Magnetic Lasso. Tampilannya belum banyak berubah dari versi sebelumnya.

7. Photoshop 5.5

Adobe tidak membutuhkan waktu lama untuk merilis kembali photoshop, versi baru Photoshop yaitu, Photoshop 5.5. Di versi Photoshop 5.5 ini codename yang diberikan adalah Strange Cargo masih sama seperti sebelumnya. Tidak banyak perubahan tampilan yang terjadi di versi 5.5 ini. Perubahaan yang menonjol adalah ImageReady yang telah ditambahkan di Photoshop, Save for Web dan juga Extract.

8. Photoshop 6.0 

Adobe kembali merilis Photoshop yaitu, Photoshop 6.0 yang dirilis pada bulan September tahun 2000 dengan codename-nya yaitu Venus in Furs. Ada juga fitur yang ditambahkan di dalam Photoshop 6.0 ini, seperti Vector Shapes, Liquify yaitu salah satu fitur di filter dan Layer Styles/Blending Options dialog.

9. Photoshop 7.0

Photoshop CS yaitu singkatan dari (Creative Suite) dirilis pada Oktober 2003 dengan codename Dark Matter yang berjalan di Mac OS X dan Windows. Fitur yang ditambahkan adalah Camera RAW 2 x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, dokumennyapun bisa sampai 300.000 pixel.Share on FacebookShare on TwitterShare on Google+.

10. Photoshop CS2 (9.0)

Photoshop CS2 ini dirilis pada April 2005 untuk system operasi Mac OS X dan Windows 2000 / XP. Dilengkapi dengan fitur Camera RAW 3.x, Smart Objects, Image Warp, Spot healing brush, Red-Eye tool, Lens Correction filter, Smart Sharpen, Smart Guides, Vanishing Point.

Peningkatan manajemen memori pada mesin PowerPC G5 Macintosh 64-bita yang menjalankan Mac OS X 10.4, Mendukung HDRI (High dynamic range imaging), Mendukung scripting JavaScript dan bahasa lainnya, fitur “smudging”, seperti misalnya “Scattering” Dan Memperbaiki seleksi layar, seperti kemampuan untuk memilih lebih dari satu layer.

11. Photoshop CS3

Photoshop CS3 ini dirilis pada April 2007 dengan codename Red Pill dengan tampila yang lebih elegant berbeda dari versi sebelumnya dengan lebih minimalis dan memperioritaskan workspace. Banyak fitur yang ditambahkan antara lain Quick Select tool, Auto Align, dan lain-lain. Photoshop CS3 ini juga dapat diinstal di system operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.

12. Photoshop CS4

Adobe Photoshop CS4 ini dirilis pada Oktober 2008. Fitur baru yang ditambahkan adalah supportAdobe bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustment panel dan lain-lain. Dengan Codename Stonehenge.

13. Photoshop CS5

Photoshop CS5 dirilis pada April 2010 dengan codename White Rabbit. Perubahan yang dilakukan pada Photoshop CS 5 ini tidak lah banyak, hanya ada beberapa, diantaranya yaitu, tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar dan Workspace.

14. Photoshop CS6 

Pada Mei 2012, Adobe Photosop kembali merilis yaitu Photoshop CS6 dengan codename Supersition. Banyak sekali penambahan pada versi ini, diantaranya Blur gallery, Adobe Camera RAW 7, didukung oleh Adobe Mercury Graphics Engine, New crop tool, dan AutoRecovery dan lain-lain.

15. Photoshop CC 

Pada bulan Juni 2015, Adobe kembali memperkenalkan produk mereka yang baru yang bernama Adobe Photoshop CC (Creative Cloud). Sekilas, dari tampilannya, Adobe Photoshop CC memiliki kemiripan ‘wajah’ dengan Adobe CS6. Dengan balutan warna abu-abu tua dan penempatan tombol-tombolnya juga masih sama seperti versi sebelumnya.

Namun, apabila coba digali lebih dalam, Adobe Photoshop CC ini merupakan senjata yang ampuh bagi para fotografer dan ahli desain, karena Adobe sudah melengkapi produk satu ini dengan segudang fitur baru yang tidak dipunyai versi-versi sebelumnya, beberapa fitur baru tersebut yang dibawa oleh photoshop CC (Creative Cloud) ini salah satunya adalah fitur Shake Reduction, Blur Trace Bounds, Smoothing dan Artifact Suppression, Camera Raw dan lain-lain. Dan selanjutnya ada versi Photoshop CC.

Sumber: jsp.co.id

Demikian artikel mengenai Pembahasan Singkat Mengenai Adobe Photoshop, mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.